Monday, June 10, 2013

Q-DING Shadaqah Emang Ajaib

by : Rabiatul Adawiyah




 Diriwayatkan dari Abu Huroiroh, bahwa Rasulullah SAW bersabda : Allah berfirman :
‘’ Berinfaklah wahai anak Adam , niscaya Aku akan memberimu ganti ‘’
Keajaiban sedekah !!
Keajaiban shadaqoh memang banyak di ceritakan bahkan di buktikan dalam kehidupan sehari-hari. Dan di ceritakan juga tentang suatu kejadian luar biasa berkenaan dengan shadaqoh.
Dimana Syaikh ‘Athiyyah Muhammad Salim r.a , berkata  “ kejadian luar biasa in terjadi pada abad ke-14 hijriyah di Wadil Aflaj. Ada seorang lelaki keluar dari rumahnya untuk mencari air, namun ia tidak mendapatkan air di sekitarnya. Kemudian ia masuk ke sebuah tempat yang bernama Duhl. Duhl adalah sebuah tempat seperti gua yang terletak di lereng gunung, biasanya air hujan terkumpul di tempat tersebut, sehingga orang-orangmengambil airnya ketika musim panas. Ternyata ia tersesat di situ dan tidak ada petunjuk jalan. Ketika ia sedikit menjauh dari tempat tersebutdan tersadar bahwa dirinya tersesat serta tidak mampu untuk keluar, ia lantas duduk di situ sambil menunggu siapa tau ada diantara keluarganya yang datang mencarinya. Ia belum sampai ke tempat air padahal ia sudah lama menunggu. Ia pun merasa sangat lapar dan haus, lantas ia mengangkat kedua tangannya dan memohon kepada Robbnya. Tiba-tiba ada sebuah bejana di depannya. Dengan antusias ia segera mengangkat bejana tersebut ke mulutnya, ternyata isinya adalah susu sapi segar. Ia tinggal di tempat tersebut selama 15 hari dalam keadaan demikan kecuali di hari terakhir, ia tidak mendapatkan susu seperti biasanya. Setelah lama mencari, di hari terakhir itulah akhirnya para keluarga menemukan dirinya. Begitu kagetnya mereka melihat ia masih hidup meski tinggal sendirian di tempat tersebut sekian lamanya. Mereka lantas menanyainya, tapi ia tidak menjawab pertanyaan mereka. Justru ia bertanya balik kepeda mereka,
Apakah yang kalian kerjakan terhadap si Fulan , apakah kalian memberinya (susu) ?          Ternyata setiap harinya, mereka memberi susu sapi kepada anak yatim tetangga mereka-. Mereka menjawab, “Setiap hari, kami mengirimi susu kepada mereka kecuali kemarin.” Ia berkata, “Ya, aku sudah tahu itu.” Mereka bertanya balik, “ Bagaimana engkau bisa mengetahiunya?” Akhirnya ia pun bercerita kepada mereka tengtang datang nya susu yang melimpah kepadanya setiap hari kecuali kemarin.
Hikmah yang dapat kita ambil dar pelajaran shadaqoh adalah :
“Sesungguhnya shadaqoh bisa memberikan pengaruh yang menakjubkan untuk menolak berbagai macam bencana sekalipun pelakunya orang yang fajir (pendosa), zholim , atau bahkan orang kafir, karena Allah akanmenghilangkan berbagai macam bencana dengan perantaraan shadaqoh tersebut,”(Imam Ibnul Qoyyim Al-Jauziyyah ).




No comments:

Post a Comment